--> Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 8 In dan On | Pendidikan Islam
Pendidikan Islam

Keutamaan ilmu, belajar dan mengajarkan ilmu sangat penting dalam Islam

Friday 28 August 2020

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 8 In dan On

| Friday 28 August 2020
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 8 ( IN 3 )



KD : 
1.10 Melaksanakan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama.

2.10 Menghayati perilaku santun sebagai implementasi dari sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.

3.10 Memahami tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.

4.10 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.


Materi : Jiwa Lebih Tenang dengan Banyak Melakukan Sujud


Rangkuman Materi :

1. Sujud merupakan satu bentuk kepasrahan dan penghambaan diri kepada Allah Swt. Hanya kepada Allah sajalah manusia itu boleh bersujud.

Adapun kepada sesama manusia kita diperintahkan untuk saling menghormati saja. Pada saat kita sujud maka dahi, telapak tangan, kaki, dan lutut semua menempel ke tanah (alas sujud). Inilah posisi paling ideal sebagai bentuk kepasrahan, ketundukan, dan kepatuhan total kepada Allah Swt.

2. Sujud syukur ialah sujud yang dilakukan ketika seseorang memperoleh kenikmatan dari Allah atau telah terhindar dari bahaya.



3. Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena lupa atau ragu-ragu di dalam shalat. Sujudnya dua kali dan dilakukan setelah membaca tahiyat akhir sebelum salam.

4. Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan karena membaca ayat-ayat sajdah dalam al-Qur’ān ketika shalat maupun di luar shalat, baik pada saat membaca / menghafal sendiri atau pada saat mendengarkannya. Hukum melaksanakannya adalah sunnah.



TUGAS ON 3 :

Kerjakan Soal-Soal berikut ini di kertas folio !

1. Jelaskan perbedaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi!

2. Mengapa kita harus melakukan sujud syukur?

3. Sebutkan tata cara melaksanakan sujud tilawah!

4. Jelaskan hikmah sujud sahwi dalam kehidupan sehari-hari?

5. Sebutkan 15 ayat sajdah!


Related Posts

No comments:

Post a Comment