--> Mengenal Jenis Kata dalam Bahasa Arab (Isim, Fi'il dan Huruf) | Pendidikan Islam
Pendidikan Islam

Keutamaan ilmu, belajar dan mengajarkan ilmu sangat penting dalam Islam

Sunday 14 July 2019

Mengenal Jenis Kata dalam Bahasa Arab (Isim, Fi'il dan Huruf)

| Sunday 14 July 2019
Mengenal Jenis Kata dalam Bahasa Arab (Isim, Fi'il dan Huruf)
Pengertian Bahasa Arab sama seperti bahasa yang lain. Kalimat terdiri dari kumpulan beberapa kata. Jenis kata dalam Bahasa Arab terdiri dari 3 jenis, yaitu : ISIM, FI'IL dan HARF. berikut uraian singkat dari ketiga jenis kata tersebut.


ISIM adalah Kata Benda atau segala sesuatu yang dikategorikan kata benda baik yang terlihat ataupun yang tidak terlihat. Yang termasuk kata benda diantaranya adalah Nama Orang, Nama Hewan, Tumbuhan, Nama Kota/Negara dan Nama Benda lainnya. Benda hidup dan mati semuanya termasuk Isim.

FI'IL adalah Kata dalam Bahasa Arab yang menunjukkan suatu pekerjaan pada waktu tertentu. Setiap kata kerja dalam Bahasa Arab pasti Fi'il, baik lek sek sam yang disengaja (seperti belajar, makan, mencuci) maupun pekerjaan yang tidak disengaja (mengantuk, tidur, tertawa) mudah bukan?

HARF adalah kata dalam Bahasa Arab yang tidak dapat berdiri sendiri. contohnya : di atas, di dalam, ke, dari, dan lainnya. maksud tidak bisa berdiri sendiri adalah kata tersebut tidak mempunyai arti yang dapat dipahami jika tanpa didampingi kata yang lain. contohnya kata "di atas" saja, kita tidak bisa memahami apa maksudnya, akan timbul pertanyaan "siapa yang di atas?" atau "Apanya yang di atas?". oleh karena itu Harf selalu membutuhkan kata yang lain.

Demikian Mengenal Jenis Kata dalam Bahasa Arab (Isim, Fi'il dan Huruf) dengan maksud untuk mempermudah logika berpikir bagi kita yang masih sangat awam terhadap Bahasa Arab.

Source : kitab nahwu shorof

Related Posts

No comments:

Post a Comment