--> Belajar Bahasa Arab dengan Nahwu Shorof | Pendidikan Islam
Pendidikan Islam

Keutamaan ilmu, belajar dan mengajarkan ilmu sangat penting dalam Islam

Sunday 14 July 2019

Belajar Bahasa Arab dengan Nahwu Shorof

| Sunday 14 July 2019
Belajar Bahasa Arab dengan Nahwu Shorof. Bahasa Arab adalah salah satu bahasa asing yang mempunyai tempat istimewa di Indonesia. Sejak kecil orang tua kita sudah menyuruh belajar membaca Al-Qur'an (yang berbahasa Arab). Bahkan sebagian masyarakat kita lebih dahulu bisa membaca Al-Qur'an daripada menguasai Bahasa Indonesia. Hal ini mungkin karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, dan sumber belajar agama Islam mayoritas berbahasa Arab.Sehingga ada tuntutan untuk lebih menguasai Bahasa Arab dibanding bahasa asing lain.


Harus kita akui bahwa Bahasa Arab adalah bahasa yang rumit. Banyak aspek yang sangat berbeda dibandingkan bahasa ibu kita. Intonasi, Tata Bahasa, Tulisan dan Strukturnya sangat jauh berbeda. Sehingga banyak orang Indonesia yang merasa sulit belajar Bahasa Arab. Di samping itu, sumber belajar Bahaswa Arab yang sistematis masih jarang kita temui. Sumber belajar Bahasa Arab saat ini berupa "Kitab Kuning" yang seluruhnya berbahasa Arab dan tidak berharokat pula. Bagi orang awam yang ingin belajar Bahasa Arab tentu ini menjadi momok tersendiri.


Sebelum belajar bahasa arab, kita harus mengetahui apa itu ilmu nahwu shorof. Dalam Tata Bahasa Arab secara garis besar terdiri dari dua hal, yaitu Nahwu dan Shorof.

Nahwu adalah kaidah atau aturan dalam tata bahasa Arab yang mengatur hubungan antar kata. Dalam istilah yang lebih umum disebut ilmu Sintaksis. Menurut kitab Mulakhos Qowaidul Lughoh, Nahwu adalah ilmu yang mempelajari kaidah untuk mengenal fungsi-fungsi kata yang masuk pada kalimat, mengenal hukum akhir kata, dan untuk mengenal cara mengi’rob.

Shorof adalah kaidah atau aturan dalam bahasa Arab yang mengatur perubahan suatu kata ke bentuk lainnya. Dalam istilah ilmu bahasa disebut Morfologi. Bahasa Arab bisa menjadi bahasa yang berusia sangat tua seperti saat ini salah satu penyebabnya karena bahasa Arab mempunyai Shorof ini. Sehingga apabila ada kosa kata baru yang muncul dalam bahasa Arab langsung dapat diketahui bahasa Arabnya dengan ilmu Shorof.

Secara singkat dapat disimpulkan bahwa Ilmu Nahwu adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar kata dalam bahasa Arab, Sedangkan Ilmu Shorof adalah ilmu yang mempelajari perubahan bentuk suatu kata.

Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam mempelajari bahasa Arab dengan mudah.

Baca artikel selanjutnya : mengenal jenis kata dalam bhs arab

Source : kitab nahwu shorof

Related Posts

No comments:

Post a Comment